Berita Lain

Capai Work-life Balance untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Sumber: Pexels/Julian Jatenberg

Work-life balance bukanlah sesuatu yang asing lagi. Hal ini merupakan salah satu kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan. Pasalnya, work-life balance menjadi salah satu tolok ukur dalam menciptakan suasana kerja yang positif dan produktif. Perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, khususnya dalam pekerjaan. 

Adanya sistem automasi dapat membuat pelaksanaan koordinasi antar pegawai dapat dilakukan dengan mudah secara daring kapan saja dan dimana saja. Di sisi      lain, hal tersebut seringkali menyebabkan overworked atau bekerja secara berlebihan pada pegawai di luar jam kerja dan hari kerja karena akses yang tidak terbatas waktu dan tempat. 

Work-life balance adalah suatu kondisi terjadinya keseimbangan antara pekerjaan dan “kehidupan”. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, melakukan pengembangan diri, berolahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, dan menjalankan hobi merupakan beberapa contoh dari apa yang dimaksud dari “kehidupan”. Terpenuhinya semua hal tersebut tidak hanya untuk menjaga kesejahteraan hidup pegawai, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang sehat secara berkesinambungan. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencapai work-life balance.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Sumber: freepik

Pola hidup sehat yang dapat kamu lakukan dapat dimulai dari olahraga. Olahraga bisa dilakukan berupa olahraga ringan seperti lari pagi, badminton, atau sekadar jalan pagi. Dibutuhkan juga konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk meningkatkan imun, seperti sayur dan buah-buahan, serta minum air putih agar terhindar dari dehidrasi, serta tetap fokus dalam menjalani kesibukan padat mu dari pagi hingga sore hari.

  1. Buat Jadwal Harian

Sumber: freepik

Membuat jadwal atau scheduling menjadi hal penting untuk menjadi acuan dalam menjalankan aktivitas dalam satu hari. Pekerjaan yang sudah dijadwal juga bisa selesai sesuai target sehingga menghindari lembur.

  1. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Sumber: pinterest 

Me time, salah satu jalan untuk membuat diri semakin produktif. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, kamu akan mendapatkan motivasi dan semangat baru tentang apa yang paling penting dalam hidupmu, hingga kembali segar dalam melakukan padatnya rutinitas pekerjaan yang kamu miliki. 

  1. Menentukan Prioritas

Sumber: bp-guide.id 

Penentuan prioritas dapat dibuat dengan penyusunan seberapa penting kegiatan yang dilakukan dalam sehari-harinya. Prioritas dapat ditentukan sesuai skala kebutuhan, sekaligus juga dapat menargetkan pencapaian dalam sehari yang bisa memberikan kita motivasi atau semangat untuk terus maju dan kinerja terbaik untuk diri kita dan orang lain.
Penulis: Mutiara Okta
Redaktur: Ratna Siregar

Top News
Sponsor