Berita Lain

Mengenal Bhujangasana, Pose Yoga Yang Punya Banyak Manfaat

Bhujangasana atau cobra pose

Sumber: healthshots

Bhujangasana atau yang banyak disebut cobra pose adalah salah satu gerakan yoga yang jika rutin dilakukan akan memberikan banyak manfaat. Untuk melakukan pose ini, berbaringlah dengan posisi perut menghadap bawah dan kaki yang lurus. Letakkan siku di samping, angkat dada dan tumpukan berat badan pada kedua siku. Hela nafas, kemudian hembuskan secara perlahan.

Bhujangasana membantu memperluas rongga dada

Sumber: freepik

Pose ini ampuh membantu mengurangi pegal pada punggung serta turut mengencangkan tulang belakang sehingga membuatnya lebih fleksibel. Bhujangasana juga membantu memperluas rongga dada, memberi lebih banyak ruang untuk tulang rusuk terbuka sehingga mampu meredakan sesak napas dan ketidaknyamanan di dada.

Selain memberi benefit pada kebugaran badan, Bhujangasana juga dapat membantu mengatasi stres, utamanya bagi penderita depresi atau gangguan kecemasan. Dalam penelitian, terbukti bahwa mempraktikkan pose ini dapat memerangi gejala stress seperti sakit kepala, kelelahan, dan lemas.

Jika ingin mempraktikkan pose ini, akan lebih baik dilakukan dalam kondisi perut kosong, atau makan sekitar 4 hingga 6 jam sebelumnya agar makanan sudah tercerna dengan baik.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pose ini tidak disarankan bagi Anda penderita cedera pada perut, lengan atau bahu, dan bagi yang baru saja menjalani operasi kehamilan. 

Bagaimana, tertarik berlatih Bhujangasana?

Penulis: Olivia Haya

Redaktur: Ratna Siregar

Top News
Sponsor