Berita Lain

MK Siap Putuskan soal Gugatan Usia Capres-Cawapres

Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan siap memutus gugatan terkait batas usia calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Senin (16/10/2023). Gugatan ini diajukan oleh sejumlah pihak yang meminta batas usia capres-cawapres diturunkan dari 35-70 tahun menjadi 30-65 tahun.

Gugatan ini diajukan oleh sejumlah pihak, diantaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), dan sejumlah individu. Para pemohon menilai bahwa batas usia capres-cawapres yang saat ini berlaku, yaitu 35-70 tahun, terlalu membatasi hak warga negara untuk mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden.

Pada sidang pendahuluan, MK telah meminta keterangan dari para pemohon, pemerintah, dan DPR RI. MK juga telah meminta pendapat ahli dari berbagai bidang, termasuk hukum tata negara, psikologi, dan politik.

MK menyatakan bahwa putusan terkait gugatan batas usia capres-cawapres akan dibacakan pada Senin (16/10) pukul 10.00 WIB. Putusan ini akan menjadi salah satu putusan penting menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berikut adalah beberapa kemungkinan putusan MK terkait gugatan batas usia capres-cawapres:

Majelis Hakim MK mengabulkan permohonan pemohon secara keseluruhan. Hal ini berarti batas usia capres-cawapres akan diturunkan dari 35-70 tahun menjadi 30-65 tahun.

Majelis Hakim MK mengabulkan permohonan pemohon sebagian. Hal ini berarti batas usia capres-cawapres akan diturunkan menjadi 35-65 tahun, atau 30-60 tahun.

Majelis Hakim MK menolak permohonan pemohon. Hal ini berarti batas usia capres-cawapres tetap 35-70 tahun.

Putusan MK terkait gugatan batas usia capres-cawapres akan menjadi perhatian publik, terutama para partai politik yang akan mengusung calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024. Putusan ini juga akan menjadi salah satu faktor yang akan menentukan peta persaingan dalam Pilpres 2024.

Penulis: Adam Yunandeas
Editor: Ika Wahyu
Foto: Kompas.com/Fitria Chusna Farisa

#capres #cawapres #batasusia #mk #motionnews #motioncorp #stmmyogyakarta

Top News
Sponsor