Berita Lain

Suhu Panas di Indonesia Masih akan Berlangsung Sepanjang Oktober 2023?

Beberapa wilayah di Indonesia akhir-akhir ini sedang dilanda suhu panas, terutama pada siang hari. Dikutip dari Kompas.com, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan secara umum potensi suhu panas pada Oktober 2023 masih ada. Meski begitu, suhu panas tersebut tidak terjadi sepanjang bulan. 

“Hal tersebut (suhu panas) tergantung bagaimana potensi cuaca hariannya. Apakah ada potensi cuaca berawan atau mungkin bahkan ada potensi hujan di siang harinya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/10/2023). 

Ia menjelaskan, jika ada potensi cuaca berawan atau hujan, potensi suhu panas teriknya pada siang hari relatif akan berkurang karena pemanasan matahari ada yang terhalang oleh awan di atmosfer.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani menyampaikan, ada beberapa faktor pemicu suhu panas yang terjadi akhir-akhir ini. Secara umum, suhu panas terik tersebut dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer meliputi, tingkat pertumbuhan awan yang minim dan posisi semu matahari.

BMKG telah memperkirakan kondisi suhu ini masih akan berlangsung pada periode Oktober 2023. Sehingga, BMKG mengimbau masyarakat menjaga kondisi dan stamina tubuh dengan mencukupi cairan tubuh, terutama bagi yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari. 

Penulis : Erica Wanty
Editor : Erica Wanty
Sumber Foto : Pixabay

Top News
Sponsor