Berita Lain

Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba 

Lingkungan yang lembab dan bersuhu rendah menjadi tempat virus dan bakteri penyebab penyakit untuk berkembang biak. Lingkungan di musim hujan juga dapat menurunkan imun sehingga membuat diri mudah terkena penyakit maupun virus. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. 

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan yaitu dengan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini dilakukan agar mencegah penularan virus dan bakteri penularan melalui tangan. Mari kenali cara menjaga kesehatan diri saat musim hujan tiba, dengan berbagai macam cara yang mudah yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

sumber: food.detik.com

Mengonumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang membuat tubuh dapat terpenuhi dengan baik agar tidak mudah tumbang dan sakit. Selain itu, mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh juga dapat membantu sistem imun dapat bekerja secara optimal, sehingga menurunkan resiko tubuh terkena penyakit

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Tak Perlu Khawatir Dehidrasi, Begini Cara Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh  Selama Puasa Halaman all - Kompas.com

sumber: kompas.com

Kebutuhan cairan tubuh jika terpenuhi juga dapat berbagai macam manfaatnya, salah satunya yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini karena, cairan yang dikonsumsi dapat membantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun, dengan minum air mineral kurang lebih 2 liter per harinya membuat daya tahan tubuh kamu terjaga loh!

  1. Melakukan 3M Plus

sumber: pinterest

Genangan air di musim hujan menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak yang mana dapat membawa beberapa  jenis penyakit, seperti malaria dan DBD. Salah satu cara membasminya yaitu dengan 3M Plus, yang terdiri dari:

  • Menguras tempat penampungan air secara rutin
  • Menutup tempat penampungan air
  • Memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas atau mengubur sampah yang mudah terurai
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Memasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk

Penulis : Fadhilla Rahma
Redaktur :  Ratna Siregar

Top News
Sponsor