Berita Lain

Viral Dokter Temukan Puluhan Biji Rambutan di Perut Pasien

Belakangan ini viral kisah dokter Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang menangani pasien dengan keluhan unik hingga aneh. Dokter yang bernama Rifki (30) pernah mendapat pasien seorang remaja berusia 16 tahun dengan keluhan BAB berdarah. Remaja itu mengaku suka makan rambutan beserta biji-bijinya sekaligus.

Cerita pengalamannya telah ditonton oleh 6 juta pengguna Tiktok. Banyak netizen yang penasaran sekaligus heran seorang anak bisa menelan biji sebesar itu. Kepada detikcom, dr Rifki menceritakan awal mulanya.

dr Rifki menyebut peristiwa itu terjadi sekitar awal tahun 2021, di siang hari. Sebelumnya, remaja tersebut juga telah ke rumah sakit lain untuk memeriksakan diri. Namun di rumah sakit sebelumnya tak ada dokter bedah, sehingga tak bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih dalam.

“Sebenernya harusnya biji rambutan ini bisa keluar sendiri melalui feses. Kayaknya emang diobservasi disuruh pulang ke rumah dulu kalau misalnya ada keluhan baru disuruh dateng ke rumah sakit yang ada dokter bedahnya. Setau saya memang di RS sebelumnya nggak ada dokter bedahnya. Pas masa observasi di rumah masih ada keluhan akhirnya dibawa ke RS ini,” jelas dr Rifki.

Selain, BAB berdarah sang anak mengeluh sempat demam, mual-mual hingga nyeri di bagian anus. Awalnya pasien dikasih obat-obatan, seperti obat pencahar agar bisa keluar dari bawah selama di rawat inap. Setelah itu pasien dibawa ke ruang operasi untuk ditindaklanjuti.

“Di ruang operasi dievakuasi juga dari bawah. Tapi, kalau di ruang operasi kan steril ya, alat-alatnya lengkap, APD nya lebih oke kayak sarung tangan, apron, segala macem terus juga ruangannya ter isolate nggak kayak di IGD. Jadi, lebih leluasa melakukan tindakannya. Bedanya pasien itu di anestesi dulu nggak kayak di IGD,” ucap dr Rifki.

“Jadi, di rumah sakit sebelumnya itu 16 biji terus yang di IGD sini 35 biji,” pungkas dr Rifki.

Penulis : Atrin Dwina

Editor : Atrin Dwina

Sumber foto : Tiktok/ikkay_dr

#bijirambutan #babberdarah #viral #motionnews #motioncorp #stmmyogyakarta

Top News
Sponsor